Facebook Music

Keinginan Facebook untuk memperluas layanannya agar semakin lengkap terus dilakukan. Salah satu fitur paling anyar yang ditawarkan adalah Facebook Music, bahkan kabarnya fitur ini akan hadir pada bulan depan. Nanti para facebooker bakal menemukan sebuah layanan notasi musik atau tab baru yang disebut Music di kolom sebelah kiri di halaman akun pengguna, yang tempatnya deket daftar Foto, Teman, dan sebagainya. Facebookers bisa meng-klik pada tab baru dan akan terbuka halaman yang disebut Music Dashboard.
Memang bukan rahasia lagi bila Facebook mulai melirik pasar musik digital. Karena keinginan ini sudah dilontarkan CEO Facebook Mark Zuckberg yang dilanjutkan dengan menggandeng layanan musik streaming Spotifiy beberapa waktu lalu. Dan bulan depan merupakan langkah ekesekusi dari rencana sebelumnya.

Ini tentu saja menarik bagi pengguna jejaring sosial terbesar di dunia itu, namun tidak bagi penyedia layanan musik streaming yang sudah terlebih dahulu datang. Langkah ini dilakukan untuk menghambat dari Google+ yang kian mengancam eksistensi Facebook.
Saat ini, pengguna Facebook memang sudah bisa menggunakan aplikasi untuk berbagi musik yang mereka dengarkan di Spotify dengan teman-teman mereka. Layanan ini terjadi berkat kerjasama yang terjalin pada bulan Mei lalu.

Berdasarkan keterangan sumber Facebook, menyatakan bisnis musik yang dijalankan situs yang diklaim memiliki 500 juta pengguna itu akan jauh berbeda dengan MySpace. Perbedaan itu terletak pada lisensi distribusi musik digital Facebook music.
Selain konten musik, beberapa waktu yang lalu perusahaan studio film Warner Bros juga mulai menyewakan konten video mereka lewat Facebook. Beberapa film seperti The Dark Night, Yogi Bear sudah ditawarkan lewat Facebook dengan biaya sewa antara 30-40 Facebook Credit.

Satu Facebook Credit setara dengan 10 sen AS atau sekitar Rp 850. Dari transaksi tersebut, Facebook mendapatkan fee sebesar sekitar 30 persen, yang merupakan jumlah standar pemotongan dalam sebuah transaksi di Facebook.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...