iOS 5 Review

Seperti kita ketahui, pada tangal 4 Oktober 2011 lalu iPhone 4S resmi diperkenalkan ke publik. Dan produk ini memang sepertinya digunakan sebagai alat penghargaan kepada mantan CEO mereka yang fenomenal : Steve Jobs. Namun pada waktu itu banyak pihak yang merasa tidak banyak fitur tambahan yang baru untuk Tablet PC tersebut. Padahal pada tanggal 4 September 2011 oleh pengganti Steve Jobs yaitu Tim Cook telah mengatakan akan ada fitur yang diandalkan yaitu iOS 5. Produk OS ini bisa untuk iPhone 4S, iPhone 3GS, iPhone 4, iPad dan iPad 2.

Setelah sekian hari akhirnya pihak Apple resmi merilis iOS 5 yang menurut mereka upgrade iOS terdahulu yang lebih sophisticated.  Yang pertama, penggunaa harus mengunduh iTunes terbaru versi 10.5 yang sudah tersedia di situs Apple.com atau bisa melalui update http://www.apple.com/itunes/. Kedua, unduh file ipsw iOS 5 review untuk update. Untuk file ipsw ini bisa melakukan dengan auto update dari iTunes. 

Berikut sedikit mengenai sistem iOS 5 review.

iCloud
Ini jawaban apple kepada layanan cloud di luar sana (baca Google, RIM & Amazon). Pada dasarnya adalah perombakan drastis mobile.me yang kurang sukses. Dengan iCloud, memungkinkan untuk sync data (foto, file iWork, e-mail, contact dan kalender) tanpa perlu colok ke komputer, ke semua alat yang  dimiliki. Semua berjalan lewat internet secara cepat.



SIRI (hanya untuk iPhone 4s)
Merupakan bom feature dalam beberapa waktu belakangan ini. Banyak orang berusaha menciptakan komputer yang bisa diajak berbicara, namun hasilnya hanya guyonan belaka, Namun Apple berhasil menciptakan ponsel yang mampu diperintah dengan suara dan berinteraksi. SIRI mengingatkan kita akan Jarvis, superkomputer milik Tony Stark tokoh dalam film Iron Man. Mungkin tak secanggih itu, namun SIRI jelas-jelas bakal mengubah cara pandang dunia IT akan Voice Command.



Notification Center
Sekarang notifikasi iOs 5 berbentuk papan, seperti notifikasi Android. Papan ini bisa anda tarik ke bawah sehingga terlihat list pesan-pesan yang belum sempat anda buka. Daftar semua notifikasi yang ada terletak disini bersamaan juga dengan prakiraan cuaca serta daftar nilai saham. Kedua informasi mengenai cuaca dan saham berasal dari aplikasi Stock dan Weather yang data nya berasal dari Yahoo!, jadi untuk menambah atau mengganti keterangannya bisa dilakukan dari aplikasi Stock dan Weather.


Wi-fi Sync
Sekarang pengguna bisa melakukan sync iDevice anda dengan iTunes PC/Mac lewat Wi-fi yang berjalan secara otomatis.


iMessage
Mungkin ini jawaban Apple untuk BBM. iMessage tergabung dengan fitur SMS pada iPhone, namun, iMessage tidak menggunakan saluran SMS untuk mengirim pesan ke sesama iDevice dan Mac. Pesan akan terkirim walau handset tak mendapatkan sinyal, dan pesan akan ter sync ke semua iDevice atau Mac yang pengguna miliki sehingga percakapan bisa tetap diikuti di perangkat mana pun.


Newstand
Merupakan rak majalah digital. Anehnya bukan berlaku sebagai apps, newstand lebih berlaku seperti folder mewah untuk majalah digital.


Camera Grid & Edit Foto
Camera Grid memungkinkan untuk mengambil fokus yang  diinginkan, dan edit foto memungkinkan meningkatkan kualitas foto yang akan diambil serta menghilangkan efek warna mata merah.



Reminder
Merupakan to do list apps. Sekarang pengguna tak perlu apps tambahan lagi, reminder datang dari iOs 5 langsung. Ter-sync juga dengan iCloud, sehingga bisa langsung menyunting atau menambahkan di perangkat mana pun.


Twitter
Twitter yang merupakan fitur wajib bagi iOs 5. Pengguna bisa ngetweet apa pun langsung dari lokasi berada. Ambil foto, sentuh tweet, browsing langsung tweet.


Safari Reader & Tabbed Browsing
Merupakan fitur utama Safari di OS X Lion namun sekarang fitur ini dibawa ke Safari iOS. Anda bisa membaca web seperti membaca buku, tanpa gangguan iklan atau gambar-gambar yang tak perlu dan tabbed browsing, tak perlu buka jendela baru untuk membuka aneka halaman web.


E-mail dan Suntingan
Kini e-mai iOs 5 memiliki kemampuan untuk mengedit lebih banyak, seperti cetak tebal, miring dan garis bawah.


Air Play Mirroring (hanya untuk alat berprosesor A5)
Sekarang bisa menampilkan layar iPad 2  pada layar yang lain lewat AirPlay device yang lain (contoh apple TV). Ini akan terasa sekali perbedaannya bagi para pecinta game.


Multitouch Gesture
Merupakan peningkatan fitur multitouch yang telah ada, seperti dengan sapuan 5 jari yang bisa berpindah apps yang aktif atau dengan cubitan 5 jari Anda bisa menutup sebuah apps.


Selain penambahan fitur fitur di atas dalam iOS 5 Apple juga menambahkan kemampuan multitouch yang kini mampu mengenali hingga 5 sentuhan sekaligus. Dan masih banyak lagi yang akan kami bahas berikutnya
disini

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...