Produk Apple Membutuhkan Darah Disetiap Pembuatannya

Produk Apple Membutuhkan Darah Disetiap Pembuatannya - Dibalik kesuksesan penjualan produk produknya, seperti iPhone 4S dan iPad 2 di seluruh dunia, Apple disorot karena terbetik sebuah kisah horor dibalik pembuatan gadget produk mereka. Ya kalimat  Produk Apple Membutuhkan Darah Disetiap Pembutannya adalah sebuah kata kiasan, dimana sebenarnya mereka tidak berperikemanusian terhadap para buruh dari  Pabrik Foxconn, yang merupakan salah satu mitra manufaktur dari Apple.


Kabar ini tersebar setelah New York Times mengangkat sisi kelam pembuatan gadget gadget canggih mereka ini. Kisah sisi gelap itu mulai dari aksi bunuh diri karyawan, hak gaji yang sangat rendah hingga jam kerja yang tidak manusiawi. Apple kabarnya sudah mengetahui kebobrokan ini, namun terkesan tutup mata demi satu tujuan: menggenjot produksi dan meningkatkan efisiensi.

Dalam dekade terakhir, Apple telah menjadi salah satu perusahaan terkuat, terkaya dan paling sukses di dunia, sebagian dengan menguasai manufaktur global. Apple dan rekanannya telah mencapai kecepatan inovasi hampir tak tertandingi dalam sejarah modern.

Namun di balik kesuksesan tersebut, pekerja perakitan iPhone, iPad dan perangkat lainnya sering kerja dalam kondisi yang keras, menurut pengakuan karyawan di dalam pabrik-pabrik, pekerja pendukung dan dokumen yang diterbitkan oleh perusahaan sendiri. Masalah sangat beragam seperti lingkungan kerja yang berat dan serius - masalah keamanan kadang-kadang mematikan.

Karyawan bekerja lembur yang berlebihan, dalam beberapa kasus tujuh hari seminggu, dan tinggal di asrama yang penuh sesak. Ada yang mengatakan mereka berdiri begitu lama sehingga kaki mereka membengkak sampai mereka hampir tidak bisa berjalan.

Semakin menyedihkan, ketika rekanan Apple tersebut memperkerjakan pekerja di bawah umur. Tidak hanya itu, pemasok perusahaan telah membuang limbah berbahaya dan memalsukan catatan, menurut laporan perusahaan dan kelompok advokasi yang, di China, yang sering dianggap dapat diandalkan, pemantau independen.

Lebih mengganggu, kelompok advokasi itu mengatakan, mitra manufaktur mengabaikan kesehatan pekerjanya. Dua tahun lalu, 137 pekerja di sebuah pemasok Apple di China timur terluka setelah mereka diperintahkan untuk menggunakan bahan kimia beracun untuk membersihkan layar iPhone.

Dalam waktu tujuh bulan setahun lalu, dua ledakan di pabrik-pabrik iPad, termasuk di Chengdu, menewaskan empat orang dan 77 orang. Sebelum ledakan tersebut, Apple telah diberitahu kondisi berbahaya dalam pabrik Chengdu. Namun tidak ada reaksi dari Apple.

Seorang karyawan Foxconn, mitra Apple, menurut New York Times, melompat dari sebuah blok apartemen setelah kehilangan sebuah prototipe iPhone tahun 2009 dan 18 pekerja lainnya tampaknya mencoba untuk bunuh diri dalam dua tahun.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...