Ducati Monster 1100 Evo

Ducati akhirnya membuka kran informasi tentang New Ducati Monster 1100 EVO. Ducati Monster versi ini mengusung beberapa perubahan disektor teknologi.

Secara desain memang hampir tak ada yang berbeda, tetap mengandalkan sasis turbular untuk menonjolkan kesan street fighter sejatinya. Ducati mengklaim motor ini paling bertenaga sekaligus aman dikendarai.

Tak pelak bila Monster 1100 langsung menjadi motor favorit para pecinta motor sport dengan tenaga besar. Namun, Monster 1100 bukanlah motor yang praktis untuk dikendarai. Hanya, motor ini menjadi kuda besi yang bergaya klasik namun mengusung teknologi modern.

Bicara mesin yang diusungnya, ada banyak perubahan. Mesin L-Desmodromic yang dulu dipakai digantikan dengan mesin Desmodue Evoluzione. Perbedaan besar dengan varian sebelumnya adalah tenaga yang naik mencapai 100 Dk. Naik lima Dk dari versi sebelumnya. Monster 1100 Evo juga mendapat penyempurnaan di bagian mesin dengan menggendong dua silinder, dua klep pada setiap silinder.
Mesin baru ini juga akan menggunakan kopling basah (dengan suara perpindahan gigi yang menjadi lebih halus setelah kopling dilumasi oli), bukan lagi kopling kering seperti Monster terdahulu. Kelebihannya pengoperasian yang lebih mudah dan umur pakai part yang lebih panjang

Desain knalpot mendapat pembaruan dan sudah tidak lagi berada di bawah jok motor. Konfigurasi knalpot 2-1-2, catalytic converter dan dijamin sudah lolos standar emisi Euro 3. Mufflernya berbahan dasar almunium yang diklaim Ducati menjadi ringan.

Bagian suspensi mengalami perubahan dengan menggendong Marzocchi 43 mmdengan diameter yang sama. Peleknya juga memiliki desain palang baru. Yang paling istimewa adalah rem ABS (antilock brake system) dan DTC (Ducati Traction Contro).

Chassis
  • Frame : Tubular steel Trellis frame
  • Wheelbase : 1450mm (57.1in)
  • Rake : 24°
  • Front suspension : Marzocchi 43mm fully adjustable usd fork
  • Front wheel travel : 130mm (5.1in)
  • Front wheel : 10-spoke in light alloy 3.50 x17
  • Front Tyre : 120/70 ZR17 Pirelli Diablo Rosso II
  • Rear suspension : Progressive with preload and rebound Sachs adjustable monoshock
  • Rear wheel travel : 148mm (5.8in)
  • Rear wheel : 10-spoke in light alloy 5.50x17
  • Rear tyre : 180/55 ZR17 Pirelli Diablo Rosso II
  • Front brake : 2 x 320mm discs, 4-piston radial calliper with ABS
  • Rear brake : 245mm disc, 2-piston calliper with ABS
  • Fuel tank capacity : 13,5l (3.6USgal)
  • Dry weight : 169kg (373lb)
  • Instruments : Digital unit displaying: Speedometer, rev counter, time, scheduled maintenance warning, oil temperature, trip fuel, lap time, warning light for low oil pressure, fuel level, fuel reserve, neutral, turn signals, warning ABS, overrev, DTC, immobilizer. Ready for DDA system.
  • Warranty : 2 years unlimited mileage
  • Body Colour (frame/wheel) : Red with white stripe (red / black) - Diamond Black with Racing grey stripe (racing gray / black)
  • Versions : Dual seat
  • Seat height : 810mm (31.9in)
Engine
  • Type : L-Twin cylinder, 2 valve per cylinder Desmodromic, air cooled
  • Displacement : 1078cc
  • Bore x Stroke : 98 x 71.5mm
  • Compression ratio : 11.3:1
  • Power : 100hp (73.5kW) @ 7500rpm
  • Torque : 76lb-ft (10.5kgm) @ 6000rpm
  • Fuel injection : Siemens electronic fuel injection, 45mm throttle body
  • Exhaust : Lightweight 2-1-2 system with catalytic converter and two lambda probes. Twin aluminium mufflers
Transmission
  • Gearbox : 6-speed
  • Ratio : 1=37/15 2=30/17 3=27/20 4=24/22 5=23/24 6=24/28
  • Primary drive : Straight cut gears; Ratio 1.84:1
  • Final drive : Chain; Front sprocket 15; Rear sprocket 39
  • Clutch : Wet multiplate with hydraulic control
Emissions
  • Standard : Euro 3
Di Amerika Serikat, New Ducati Monster 1100 EVO dijadwalkan sudah bisa mulai dijual pada pertengahan tahun 2011 dengan harga 11.995 US Dolar atau sekitar Rp 108 jutaan.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...