Fungsi Lain Dari Jendela

Tidak begitu banyak orang yang menjadikan jendela sebagai elemen keindahan dan faktor kesegaran udara di dalam rumah. Jendela sering hanya dijadikan alat pelengkap, yang penting ada dan dipasang begitu saja.

Cat atau pewarna yang digunakan juga terkadang seadanaya saja. Begitu pula dengan tirai yang difungsikan sebagai penghias, sering kali hanaya kain yang berfungsi sebagai tirai. Padahal, sebenarnya jendela memegang peranan sangat penting dalam menciptakan keindahan sebuah rumah.Jendela bisa menjadi pusat dari sebuah dinding. Jendela pun berkaitan dengan estetika dan menunjang tata ruang rumah yang sehat pula.

Jika diartikan menurut makna sederhana,jendela adalah lubang angin atau tempat penghuni rumah melihat alam sekelilingnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,jendela diartikan sebagai lubang yang dapat diberi tutup dan berfungsi sebagai tempat utama keluar masuknya udara.

Bagi yang menyukai ruang terbuka dan kesegaran udara atau yang ingin rumahnya terang benderang, dapat memasang sebanyak mungkin jendela.

Normalnya memang orang memasang paling banyak dua jendela untuk tiap seksi atau bagian dari rumah mereka.Namun, banayak juga yang  memasang lebih dari dua jendela di seksi tersebut, dengan tujuan agar terlihat lebih berbeda.

Ada tiga jenis kaca jendela yang cukup populer beberapa tahun belakangan ini.

  1. Jendela polos dengan satu atau beberapa daun pintu. Tulang rangka jendela itu terbuat dari kaca,logam,atau aluminium, dan lebar kaca tersebut memanjang dari atas ke bawah.

    Ukuran kaca bisa bergantung pada selera pemilik rumah. Ada sebagian orang yang menyukai perhitungan fengsui untuk mendesain interior rumah mereka. Saat mendesain pemasangan jendela,Anda juga bisa menerapkan fengsui ini.
  1. Yang memiliki daun jendela bertulang rangka material kayu, logam,atau aluminium.Terkadang jendela jenis ini juga hadir dengan kaca bergambar yang berwarna-warni atau kaca dekoratif. Motif gambar dari kaca–kaca itu bisa bervariasi. Ada yang bermotif tanaman, hewan, atau pemandangan alam.
  1. Jendela dengan daun kaca bertulang banyak. Jendela ini merupakan jenis klasik yang memunculkan banyak bentuk persegi dan biasanya memiliki diameter 10 x 10 cm. Jendela jenis ini sangat populer beberapa puluh tahun silam,namun kemudian agak ditinggalkan. Kini jendela jenis tersebut kembali muncul dengan desain yang lebih menawan.

    Jenis jendela ini biasanya menggunakan material kayu yang sangat bagus dan berkualitas dengan seluruh kayu rangka tulang jendela diberi warna cat putih. Hasilnya,biasanya mengesankan pemilik rumah memiliki selera yang tinggi. Harga jendela jenis ini bervariasi. Ada yang seharga Rp200.000,ada pula yang jutaan rupiah. Semua bergantung pada ukurannya.
Selain jenis jendela di atas, kini juga hadir jendela-jendela modern yang bisa membuat rumah Anda lebih cantik. Moon gate misalnya. Jendela ini banyak terdapat di rumah-rumah berarsitektur China dan kerap disebut dengan jendela bulan. Fungsinya sebagai penghubung visual antara dua ruangan yang dibatasi olehnya. Jendela bulan kerap dijadikan pemisah antara halaman samping dan halaman utama.

Jendela bi-fold biasanya dipasang di depan rumah.Fungsi jendela ini adalah sebagai pintu pembuka.Meski begitu,jendela ini juga cocok dipakai di bagian samping kamar tidur atau samping rumah yang bersebelahan dengan taman ataupun kolam renang.

Permukaannya terbuat dari kaca, bentuknya pun menyerupai pintu yang bisa dibuka tutup seluruhnya atau hanya sebagian. Hal yang harus diperhatikan, jendela ini sebaiknya tidak dipasang di tempat atau bagian ruang yang berpotensi terkena percikan air hujan dan sengatan langsung sinar matahari. Selain mudah berlumut,kaca ini juga gampang kotor, kesat, dan berjamur.

Ada lagi jenis double hung window, yang biasa disebut jendela atas-bawah karena terdiri atas dua bagian,yaitu atas dan bawah. Kedua bagian jendela ini bisa dibuka bergantian dengan menggesernya (sliding). Udara dapat masuk, baik dari atas maupun bawah, bergantung pada kebutuhan. Jendela ini bisa dibuat menggunakan bahan dari kayu atau alumunium dan relatif bisa digunakan di semua desain bangunan rumah, baik klasik maupun modern, baik bangunan rumah besar maupun kecil.

Apa pun jenis jendela yang Anda pilih, sesuaikan dengan budget serta keadaan rumah Anda. Jendela yang bagus tidak selalu harus mahal dan memiliki detail yang rumit. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...